Pj Bupati Heru Suseno Launching Aplikasi SI - TRUST Dinas PUPR Tulungagung, Ini Kegunaannya

×

Pj Bupati Heru Suseno Launching Aplikasi SI - TRUST Dinas PUPR Tulungagung, Ini Kegunaannya

Bagikan berita
Dinas PUPR Tulungagung melaunching aplikasi SI - TRUST, (Insert : Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno didampingi Kakan Pertanahan ATR BPN Ferri Saragih dan Kadis PUPR Dwi Hari Subagyo saat diwawancarai awak media)
Dinas PUPR Tulungagung melaunching aplikasi SI - TRUST, (Insert : Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno didampingi Kakan Pertanahan ATR BPN Ferri Saragih dan Kadis PUPR Dwi Hari Subagyo saat diwawancarai awak media)

KONGKRIT.COM - Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung terus melakukan inovasi, salah satunya yakni dengan meluncurkan aplikasi terbaru berupa aplikasi SI - TRUST, Selasa (11/06/2024).

Launching aplikasi yang dilaksanakan di salah satu ruang pertemuan hotel ternama di Tulungagung, dihadiri oleh dihadiri oleh Pj Bupati Tulungagung, Kadin PUPR, Kakan Pertanahan ATR/BPN dan sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab Tulungagung.

Kepala Dinas PUPR Tulungagung, Dwi Hary Subagyo dalam sambutannya mengatakan, mengacu rencana strategis Dinas PUPR tahun 2024 sampai 2026 saat ini kita sedang dihadapkan pada beberapa isu yang kompleks antara lain yaitu kualitas infrastruktur jalan yang belum mencapai target sesuai yang kita harapkan.

Kemudian, pelayanan infrastruktur sumberdaya air yang belum mencapai sasaran dan penataan bangunan gedung serta lingkungan juga belum dapat terkelola dan terdeteksi secara baik.

"Selain itu optimalisasi pemanfaatan ruang untuk kepentingan pembangunan yang berkelanjutan, ini juga menjadi sasaran yang perlu kita perhatikan," ucapnya.

Selanjutnya menurut Dwi Hari, dari permasalahan tersebut salah satu strategi dan arah kebijakan untuk mengoptimalkan pemanfaatan peraturan tentang rencana tata ruang wilayah dan mengantisipasi banyaknya pemanfaatan lahan yang tidak sesuai dengan peruntukannya salah satunya adalah melalui penyediaan sistem informasi tata ruang.

"Berdasarkan PP no 20 tahun 2021 tentang penyelenggaraan penataan ruang pasal 226 ayat 1 yakni menyebutkan bahwa bentuk pembinaan penataan ruang diantaranya adalah pengembangan sistem informasi dan komunikasi penataan ruang dan penyebarluasan informasi penataan ruang kepada masyarakat," terangnya.

Dijelaskannya, SI - TRUST ini adalah kepanjangan dari Sistem Informasi Tata Ruang Untuk Spasial Tulungagung.

"Kalau dalam bahasa Inggrisnya, Si - Trust ini adalah kepercayaan yang mana itu harus kita jadikan modal sebagai kekuatan kita dan ini sebenarnya hasil pemikiran kami dari Diklat PKN tingkat 2 atas dukungan pak Pj Bupati dan seluruh OPD ini dapat terlaksana," jelasnya.

Ditambahkannya, SI - TRUST ini merupakan langkah inovatif Dinas PUPR Tulungagung di bidang teknologi informasi guna mempercepat pelayanan informasi tata ruang yang dapat diakses melalui smartphone dan dirancang untuk mempermudah, mempercepat proses perolehan informasi tata ruang kepada seluruh masyarakat dan juga investor.

Editor : Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini