Melalui Inovasi "Si Patrol" UPT Puskesmas Tunggangri Tulungagung Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

×

Melalui Inovasi "Si Patrol" UPT Puskesmas Tunggangri Tulungagung Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Bagikan berita
Petugas  Puskesmas Tunggangri saat melakukan pemeriksaan tensi darah dan gula darah di salah satu posyandu lansia dan kartu kontrol (Insert: Kepala UPT Puskesmas Tunggangri, dr. Dony Wahyu Siswoyo)
Petugas Puskesmas Tunggangri saat melakukan pemeriksaan tensi darah dan gula darah di salah satu posyandu lansia dan kartu kontrol (Insert: Kepala UPT Puskesmas Tunggangri, dr. Dony Wahyu Siswoyo)

JATIM KONGKRIT.COM - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Tunggangri, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung kembali menciptakan sebuah terobosan yakni berupa inovasi layanan "Si Patrol (Aksi Patuh Kartu Kontrol)".

Kepala UPT Puskesmas Tunggangri, dr. Dony Wahyu Bakti Siswoyo, M.Kes., mengatakan, inovasi tersebut sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Selain itu juga dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Penyakit Tidak Menular (PTM) khususnya Hipertensi dan Diabetes Melitus.

"Melalui Inovasi ini kita melaksanakan kegiatan berupa pemeriksaan dan pemantauan Hipertensi dan Diabetes Melitus yakni dengan menggunakan kartu yang di beri nama "Si Patrol", ujar dr. Dony saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/05/2024).

Menurutnya, Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti Hipertensi dan Diabetes Melitus (DM) sering disertai tanpa adanya tanda dan gejala.

Penyakit Hipertensi dan DM yang tidak terkontrol atau diketahui dapat menyebabkan gangguan jantung, gagal ginjal, stroke, kanker, paru kronik, dan lain sebagainya.

Sehingga hal itu dapat mengakibatkan kefatalan yang sangat perlu diwaspadai dan menjadi fokus dalam kegiatan pelayanan ini.

"Si Patrol (Aksi Patuh Kartu Kontrol) adalah salah satu inovasi yang dibuat berdasarkan temuan di lapangan karena masih kurangnya kesadaran masyarakat tentang bahaya Penyakit Tidak Menular (PTM) yang bisa mengakibatkan komplikasi dan kematian. Terutama penyakit tekanan darah tinggi atau Hipertensi dan penyakit kencing manis atau Diabetes Mellitus," terangnya.

Lebih lanjut dr. Dony menjelaskan, Inovasi ini kemudian dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Pelayanan "Si Patrol" dibuka pada kegiatan Posyandu Balita, Posbindu, dan Posyandu Lansia yang sudah ada di masing-masing wilayah kerja UPT Puskesmas Tunggangri," jelasnya.

Editor : HERAWATI ELNUR
Bagikan

Berita Terkait
Terkini