Merayakan Kisah di Sekitar Kita, Gulung Tukar Gelar Pameran Fotografi

×

Merayakan Kisah di Sekitar Kita, Gulung Tukar Gelar Pameran Fotografi

Bagikan berita
Masyarakat sedang melihat pameran fotografi
Masyarakat sedang melihat pameran fotografi

KONGKRIT.COM - Gulung Tukar menyelenggarakan pembukaan pameran fotografi bertajuk "Kata Mata: Merayakan Kisah di Sekitar Kita”. Pameran ini menampilkan karya 13 fotografer yang mengeksplorasi berbagai tema dan isu yang ada di sekitar kita. Acara tersebut dihadiri oleh pecinta seni, budayawan, dan masyarakat umum. Suasana semakin semarak dengan alunan musik pop-jazz yang dibawakan oleh Komunitas Jazz Tulungagung.

Benny Widyo, selaku kurator pameran, mengungkapkan rasa senangnya atas antusiasme masyarakat yang hadir.

"Kami sangat senang melihat banyak pengunjung yang hadir pada pembukaan pameran ini. Ini menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap seni semakin meningkat," ujarnya.

Lebih dari sekadar memamerkan foto, "Kata Mata" mengajak pengunjung untuk memperlambat langkah, melihat lebih dalam, dan menemukan kisah-kisah tersembunyi diantara rutinitas dan hiruk-pikuk keseharian.

Karya-karya dalam pameran ini merupakan hasil dari program Gutuskul: Kata Mata Kita, sebuah lokakarya yang dirancang untuk mengajak peserta memahami konsep jurnalisme sastrawi dan fotografi cerita.

Para peserta lokakarya tidak hanya belajar tentang teknik penulisan dan fotografi, tetapi juga bagaimana menemukan cerita yang sering terabaikan. Mereka menghabiskan waktu bertemu dengan informan, melakukan wawancara, mengamati, dan memotret, sehingga menghasilkan karya yang mencerminkan realitas masyarakat serta mengangkat berbagai isu penting, seperti penggunaan kendaraan bermotor oleh anak di bawah umur, pernikahan anak, pengelolaan sampah, peleburan emas, dan banyak lagi.

Karya-karya dalam pameran ini mengajak para pengunjung untuk meluangkan waktu dan melihat dunia dengan cara yang baru, bukan hanya sebagai pengamat, tetapi sebagai bagian dari narasi itu sendiri.

Benny Widyo, yang juga merupakan koordinator Gulung Tukar, mengundang seluruh masyarakat untuk datang dan menikmati pameran fotografi ini.

"Pameran ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Kami berharap masyarakat dapat datang, menikmati, dan terpantik untuk semakin perhatian dengan hal-hal di sekitarnya," ujarnya.

Pameran "Kata Mata: Merayakan Kisah di Sekitar Kita" akan berlangsung hingga 25 Mei 2024 di Gutuhaus, Serut, Boyolangu, Tulungagung.

Editor : Arya Rajo Sampono
Sumber : Agustin DM Tim Publikasi Gulung Tukar
Bagikan

Berita Terkait
Terkini