Google Doodle Rayakan Tari Rangku Alu, Ini Dia Sejarah dan Maknanya

×

Google Doodle Rayakan Tari Rangku Alu, Ini Dia Sejarah dan Maknanya

Bagikan berita
Google Doodle Rayakan Tari Rangku Alu, Ini Dia Sejarah dan Maknanya. (Foto : Dok. Istimewa)
Google Doodle Rayakan Tari Rangku Alu, Ini Dia Sejarah dan Maknanya. (Foto : Dok. Istimewa)

KONGKRITJATIM.COM - Tidak hanya daerah Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Google Doodle juga ikut merayakan histeria keindahan Tari Rangku Alu, senin 29 April 2024.

Tari Rangku Alu bukanlah sekadar hiburan biasa. Ia merupakan perpaduan indah dari permainan tradisional Manggarai yang lahir dari keberagaman budaya.

Tak hanya menjadi hiburan bagi masyarakat setempat, Tari Rangku Alu juga seringkali menjadi bagian tak terpisahkan dalam pentas seni, terutama untuk menyambut para tamu yang datang dari luar daerah Manggarai.

Mengapa Tari Rangku Alu Begitu Istimewa?

Tari Rangku Alu tak hanya sekadar gerakan anggun dan irama yang memesona. Di balik setiap langkahnya terdapat kisah yang sarat akan makna.

Dulu, Rangku Alu bukanlah hanya permainan semata, melainkan juga sebuah ungkapan syukur dan kebahagiaan atas hasil panen dan perkebunan masyarakat pada masa itu.

Dari permainan yang menggunakan bambu sebagai media, kemudian lahir Tari Rangku Alu dengan irama dan ritme yang menghipnotis.

Gerakan lompatan pemain menginspirasi lahirnya kreasi seni yang begitu khas.

Ada Apa dengan Tari Rangku Alu?

Seiring dengan perayaan Hari Tari Sedunia Tari Rangku Alu dipilih oleh Google untuk menjadi simbol perayaan hari nan indah ini.

Menurut International Theater Institute (ITI), Tari Rangku Alu dirayakan pada tanggal 29 April setiap tahunnya. Hal ini bertepatan dengan jari kelahiran seorang tokoh pencipta balet modern, Jean-George Noverre.

Noverre memperkenalkan namanya ke dunia lewat suratnya yang bertajuk “Lettres sur la danse, et sur les ballets” tahun 1760.

Editor : Devi Irmayani Saiser
Bagikan

Berita Terkait
Terkini