Tanam Perdana Tembakau Musim Tanam 2024, Pj Bupati Tulungagung : Pemerintah Akan Terus Support Petani

×

Tanam Perdana Tembakau Musim Tanam 2024, Pj Bupati Tulungagung : Pemerintah Akan Terus Support Petani

Bagikan berita
Tulungagung Tanam Perdana Tembakau Musim Tanam 2024 (insert : Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno didampingi Kadis Pertanian, Suyanto dan Wakil APTI provinsi Jatim )
Tulungagung Tanam Perdana Tembakau Musim Tanam 2024 (insert : Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno didampingi Kadis Pertanian, Suyanto dan Wakil APTI provinsi Jatim )

KONGKRIT.COM - Sejalan dengan agenda pembangunan Nasional, Pemerintah Kabupaten Tulungagung telah menetapkan Visi Pembangunan yaitu “Terwujudnya Masyarakat Tulungagung yang Sejahtera, Mandiri, Berdaya Saing dan Berakhlak Mulia”, yang selanjutnya dijabarkan dalam 5 (lima) misi yang lebih spesifik dan langsung mengarah ke urusan yang secara nyata berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini disampaikan Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno dalam sambutannya saat menghadiri acara Tanam Perdana Tembakau Musim Tanam 2024 di Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Jumat (21/06/2024).

Dikatakannya, Kabupaten Tulungagung yang memiliki luas wilayah 1.055,65 km2 yang terdiri dari 19 Kecamatan, 271 Desa /Kelurahan dengan jumlah penduduk pada Tahun 2024 sebesar 1.115.633 jiwa, sebagian besar usaha ekonomi masyarakat berada disektor pertanian, industri, perdagangan dan jasa.

Dalam struktur Ekonomi Kabupaten Tulungagung, Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan memberikan kontribusi sebesar 19,64 persen dari total PDRB yang sebesar 47,96 trilyun rupiah.

"Besarnya kontribusi ini didukung oleh potensi yang dimiliki sektor pertanian dan sekitar 40 persen penduduk usia produktif yang bekerja di lapangan usaha pada sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan," ujarnya.

Menurutnya, potensi Pertanian di Kabupaten Tulungagung juga cukup melimpah, dengan luas lahan pertanian kurang lebih 25.307 hektar yang terdiri atas lahan sawah dan lahan bukan sawah, dimana sebagian besar merupakan daerah pegunungan dan dataran yang subur dengan curah hujan yang cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk Usaha Budidaya Pertanian. Selain itu juga didukung dengan banyaknya Sumber Daya Manusia yang bergerak di sektor pertanian.

Selain itu, Kabupaten Tulungagung juga merupakan salah satu daerah penghasil komoditas perkebunan. Komoditas tanaman perkebunan telah lama diusahakan dan dikembangkan oleh petani di Kabupaten Tulungagung diantarnya : Kakao, Kopi, Cengkeh, Kelapa, Tebu dan Tembakau.

"Khusus untuk komoditas tembakau, petani di Kabupaten Tulungagung telah mengusahakan tanaman ini secara turun temurun dan berkembang sampai dengan sekarang, dengan jenis tembakau Rajangan Jawa," imbuhnya.

Lebih lanjut Heru mengatakan, tanaman tembakau berkembang di 4 ( empat ) wilayah kecamatan sebagai sentra tanaman tembakau yaitu, di Kecamatan Pakel, Campurdarat, Boyolangu dan Gondang serta sebagian kecil diusahakan di wilayah Kecamatan Sumbergempol.

Pada Tahun 2023, luas areal tanam tembakau di Kabupaten Tulungagung mencapai 1.017 Ha dengan produksi daun rajangan kering 1.632 ton.

Editor : Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini