Utang Pinjol Bisa Lunas Sendiri? Ini Caranya!

×

Utang Pinjol Bisa Lunas Sendiri? Ini Caranya!

Bagikan berita
Utang Pinjol Bisa Lunas Sendiri? Ini Caranya! (Foto : Dok. Kongkritjatim.com)
Utang Pinjol Bisa Lunas Sendiri? Ini Caranya! (Foto : Dok. Kongkritjatim.com)

KONGKRTIJATIM.COM - Pernahkah terlintas di pikiran Sobat sebuah pertanyaan, apakah pinjaman daring (Pinjol) bisa lunas dengan sendirinya?

Mungkin Sobat pernah mendengar bahwa dalam beberapa kasus, hutang bisa terlunasi tanpa harus dilakukan pembayaran.

Namun Sobat, ternyata hal ini tidak serta-merta terjadi begitu saja. Faktanya, proses ini melibatkan beberapa syarat dan memerlukan kesabaran dari pihak yang berhutang.

Pinjol Bisa Lunas Sendiri?

Dilansir Dari Kanal Fintech ID, kita akan menjawab pertanyaan tentang "Apakah pinjol yang gagal bayar bisa lunas dengan sendirinya?"

Secara umum, saat kita membahas tentang hutang pinjol, kita tidak hanya berkutat pada aspek finansial semata, tetapi juga melibatkan dimensi mental dan emosional.

Situasi gagal bayar atau telat bayar pinjol seringkali menimbulkan stres dan kegelisahan bagi kita nasabah.

Berdasarkan sumber kutipan, mengatakan bahwa pinjol memiliki kebijakan untuk memperbaiki reputasi dan data mereka dengan cara menyisihkan nasabah yang dianggap memiliki risiko kecil untuk membayar kembali hutangnya dengan lancar.

Proses ini memang mungkin membuat sebagian orang merasa lega, namun tidak serta-merta terjadi dalam waktu yang singkat.

Memperbaiki Citra

Mengapa hal ini bisa terjadi? Pinjol memiliki kepentingan untuk memperbaiki citra dan data mereka di mata lembaga pengawas dan masyarakat.

Oleh karena itu, jika terdapat banyak nasabah yang gagal bayar atau telat bayar, reputasi pinjol tersebut akan terganggu, dan mereka cenderung akan mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini, termasuk memberlakukan kebijakan pemutihan hutang.

Editor : Devi Irmayani Saiser
Sumber : Fintech ID
Bagikan

Berita Terkait
Terkini