Sekarang Data Pribadi Nasabah Galbay Pinjol Bisa Dihapus?

×

Sekarang Data Pribadi Nasabah Galbay Pinjol Bisa Dihapus?

Bagikan berita
Sekarang Data Pribadi Nasabah Galbay Pinjol Bisa Dihapus? (Foto : Dok. Kogkritjatim.com)
Sekarang Data Pribadi Nasabah Galbay Pinjol Bisa Dihapus? (Foto : Dok. Kogkritjatim.com)

KONGKRITJATIM.COM - Keamanan data memang sesuatu yang harus kita perhatikan, apalagi ketika melakukan pinjaman online atau pinjol.

Beberapa kali mungkin ada data kita yang disalahgunakan oleh pihak pinjol ilegal yang tidak bertanggung jawab, sehingga dapat menyulitkan Sobat dikemudian hari.

Nah Sobat, bicara soal aturan kemanan data juga terkait dengan penghaspusan data nasabah pinjol, sebenarnya sudah diberlakukan sejak tahun 2023.

Menurut Kanal Youtube Fintech ID, Undang-undang yang mengatur tentang kemanan data nasabah pinjaman online ini, sebenarnya sudah diatur oleh pihak yang berwenang.

Akan tetapi, tentu saja kita sebagai orang yang pernah mengajukan pinjaman online, tanpa sadar telah memasukan data pribadi untuk kepentingan pinjaman.

Suatu saat pasti Sobat ingin data yang sudah terlanjur dimasukan kedalam server ini dihapus oleh pihak pinjol, dan tidak ada penggandaan data yang takutnya nanti akan disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut ya Sobat?

Tips Menjaga Keamanan Data

Menyoal tentang dunia maya yang tidak ada ujungnya, tentu kita harus berhati-hati.

Sejatinya Sobat, tidak tertutup kemungkinan oknum-oknum nakal ini akan melakukan back up data, kemudian mengakui jika data pribadi kita sudah tidak tersimpan dalam server mereka.

Jadi apapun yang dikatakan oleh oknum pinjol terkait data pribadi kita, Sobat tetap harus berhati-hati, karena tidak ada yang namanya 100% aman.

Nah Sobat, ada beberapa tips yang tim kongkrit.com rangkum untuk Sobat, agar terhindar dari penyalahgunaan data, oleh oknum pinjol nakal ini.

Editor : Devi Irmayani Saiser
Sumber : Fintech ID
Bagikan

Berita Terkait
Terkini