Dinkes Tulungagung Melalui UPT Puskesmas Tunggangri Laksanakan Inovasi dIVA DARA MOBILE di Desa Domasan

×

Dinkes Tulungagung Melalui UPT Puskesmas Tunggangri Laksanakan Inovasi dIVA DARA MOBILE di Desa Domasan

Bagikan berita
Petugas Puskesmas Tunggangri saat melaksanakan dIVA Dara  Mobile di Pustu Domasan
Petugas Puskesmas Tunggangri saat melaksanakan dIVA Dara Mobile di Pustu Domasan

KONGKRIT.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung melalui UPT Puskesmas Tunggangri, Kecamatan Kalidawir terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yakni dengan inovasinya “dIVA DARA MOBILE” yang dilaksanakan di Desa Domasan.

"Inovasi dIVA DARA MOBILE telah kita laksanakan pada Senin tanggal 27 Mei 2024 kemarin di Pustu Domasan," terang Kepala UPT Puskesmas Tunggangri, dr. Dony Wahyu Bakti Siswoyo, M.Kes.,Jumat (30/05/2024).

Dony Wahyu mengatakan dalam kegiatan tersebut melibatkan Tenaga Kesehatan UPT Puskesmas Tunggangri yang terdiri dari Dokter Umum, PJ IVA, PJ Kespro, PJ PTM, PJ Promkes, Bidan Desa Domasan dan Perawat Desa Domasan.

"Dalam kegiatan ini kami juga bekerjasama dengan Ketua TP PKK Desa Domasan," ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan ini bertujuan untuk deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara dengan sasaran Pasangan Usia Subur (20-50 tahun).

"Kegiatan ini, nantinya juga akan dijadwalkan di desa - desa lain di wilayah kerja UPT Puskesmas Tunggangri," jelasnya sembariberharap melalui kegiatan pemeriksaan IVA Mobile ini bisa mendekatkan layanan pemeriksaan kepada sasaran di masyarakat.

Menurutnya, selain pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat ( IVA ) untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin, pihaknya juga melakukan edukasi SADARI kepada sasaran sehingga warga masyarakat dapat melakukan pemeriksaan payudara sendiri di rumah.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah dimulai dari pendaftaran (registrasi), dilakukan screening kesehatan dengan form IVA, pemeriksaan fisik yaitu BB/TB, pemeriksaan SADANIS, dan pemeriksaan IVA oleh petugas kesehatan.

Kemudian hasil pemeriksaan tersebut dilaporkan melalui link ke Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dan bila ditemukan hasil positif atau kelainan lain maka pihaknya akan berkolaborasi dengan Puskesmas Ngunut untuk dilakukan tindakan Krioterapi.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan inovasi “dIVA DARA MOBILE” ini dapat meningkatkan cakupan screening deteksi kanker serviks dan kanker payudara di Kabupaten Tulungagung," harapnya.

Editor : Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini