Pengurus MUI di 19 Kecamatan Dikukuhkan, Ini Harapan Pj Bupati Heru Suseno dan Ketua MUI Tulungagung

×

Pengurus MUI di 19 Kecamatan Dikukuhkan, Ini Harapan Pj Bupati Heru Suseno dan Ketua MUI Tulungagung

Bagikan berita
Pj Bupati Tulungagung memberikan ucapan selamat kepada pengurus MUI Kecamatan yang baru dikukuhkan (Insert: Pj Bupati Heru Suseno bersama Ketua MUI Tulungagung KH Hadi Muhamad Mahfud saat diwawancarai awak media)
Pj Bupati Tulungagung memberikan ucapan selamat kepada pengurus MUI Kecamatan yang baru dikukuhkan (Insert: Pj Bupati Heru Suseno bersama Ketua MUI Tulungagung KH Hadi Muhamad Mahfud saat diwawancarai awak media)

KONGKRIT.COM - Pengurus Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan se - Kabupaten Tulungagung masa Khidmah 2024 - 2029 dikukuhkan.

Pengukuhan dilaksanakan di pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso dengan dihadiri, Pj Bupati, Kapolres Tulungagung, perwakilan Forkopimda, Sekdakab, Kakan Kemenag Tulungagung, Camat se Tulungagung, Ketua PC NU Tulungagung, PD Muhammadiyah, PD LDII, sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno dalam sambutannya mengatakan, pengukuhan tersebut merupakan bentuk kepercayaan, kehormatan, amanah Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tulungagung atas kesediaannya untuk mengemban tugas dan amanah yang sangat strategis.

"Pada kesempatan ini saya berharap, MUI dapat memberikan karya-karya terbaik bagi masyarakat Kabupaten Tulungagung, khususnya peningkatan iman dan taqwa, serta dapat lebih meningkatkan kerjasama yang selama ini yang sudah terjalin dengan baik," ucap Pj Bupati, Rabu (29/05/2024).

Dikatakannya, MUI merupakan suatu lembaga yang mewadahi para ulama dengan mempunyai peran penting dan strategis dalam pembinaan umat. sehingga pembentukkannya pun sampai ke tingkat daerah terutama di Kabupaten Tulungagung. Oleh karena itu sebagai mitra Pemerintah, MUI turut menyumbangkan pemikiran atau gagasan yang cemerlang dalam menggalang persatuan dan kesatuan umat, serta banyak memberikan kontribusi terhadap program pembangunan, terutama dalam pembangunan akhlak umat Islam.

Melalui momentum Pelantikan tersebut Pj Bupati berharap, keberadaan pengurus MUI harus menjadi sosok pendingin di tengah-tengah masyarakat, sehingga jika terjadi suatu permasalahan di tengah-tengah masyarakat terkait dengan permasalahan agama, MUI harus bisa mengambil keputusan yang tepat.

"Dan yang tidak kalah penting, pengurus MUI harus bisa menjaga kondusifitas, guyub rukun serta bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tulungagung, supaya Kabupaten Tulungagung semakin maju kedepannya, sehingga terwujud Tulungagung yang Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun Ghofur sesuai dengan harapan kita Bersama," ujarnya.

"Yang terakhir, saya berharap MUI semakin memperkuat syiar agama bagi masyarakat, mengingat tantangan-tantangan dalam kehidupan semakin berat dan beragam, sehingga harus dibentengi dengan amalan dan agama. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Pengurus Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan se Kabupaten Tulungagung Masa Khidmah 2024-2029 yang baru dikukuhkan, semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan rahmat dan hidayahNya kepada kita sekalian," paparnya.

Sementara itu, ketua umum Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Tulungagung, KH, Hadi Muhamad Mahfud saat diwawancarai sejumlah awak media mengatakan, setelah pengukuhan ini MUI Kecamatan akan segera melaksanakan program yang dipandu oleh MUI yakni membuat peta dakwah yang intinya memotret wilayahnya masing-masing.

"Bagaimana potret wilayah itu, nanti digarap untuk dakwah dan nanti juga muncul di sana, jumlah masjid ada berapa, tempat ibadah lainnya berapa, dan "amit nyuwun sewu" kafe berapa, tempat miras berapa, prostitusi berapa. Yang nantinya pengurus MUI Kecamatan semua akan kita pandu untuk mengisi data - data tersebut kedalam form - form yang telah kita siapkan," terang Gus Hadi panggilan akrab Ketua MUI Tulungagung.

Editor : Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini