Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung Gelar FLS2N Tingkat SD Tahun 2024, Ini Harapannya

×

Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung Gelar FLS2N Tingkat SD Tahun 2024, Ini Harapannya

Bagikan berita
Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung menggelar FLS2N. (Insert : Suharni, M.Pd., MM, (tengah) saat diwawancarai awak media dan para peserta lomba FLS2N)
Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung menggelar FLS2N. (Insert : Suharni, M.Pd., MM, (tengah) saat diwawancarai awak media dan para peserta lomba FLS2N)

KONGKRIT.COM - Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung menggelar Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2024. Lomba yang bertempat di gedung aula Dinas Pendidikan setempat dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung, Rahadi P.Bintara, SE, M.Si., yang dalam kesempatan ini diwakili ole Kabid Pembinaan SD, Suharni, M.Pd., MM.

Dalam sambutannya, Suharni mengatakan, kesenian adalah merupakan salah satu unsur kebudayaan sebagai pendorong secara selektif yang akan membawa pendidikan karakter bagi peserta didik. Sebagai bagian dari kebudayaan, baik elemen pendidikan maupun kesenian memiliki peran strategis sebagai media komunikasi dalam mendasari berbagai keragaman budaya.

"Apabila kedua aspek tersebut diberdayakan sedemikian rupa secara terus menerus dari berkesinambungan, maka hal itu akan berdampak signifikan bagi kehidupan bangsa dan bernegara," ucapnya, Selasa (07/05/2024).

Ditambahkannya, sesuai dengan porsinya, Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung dalam rangka meningkatkan kualitas atau mutu dan relevansi pendidikan melaksanakan berbagai kegiatan yang sekaligus sebagai upaya dalam pemenuhan hak anak atau siswa untuk mengaktualisasikan dirinya secara optimal aspek kecerdasan intelektual, spiritual, sosial dan kinestetika.

"Dengan dilaksanakannya kegiatan FLS2N-SD tingkat Kabupaten Tulungagung ini diharapkan dapat tercipta iklim persaingan yang sehat dan sportif antar siswa SD untuk memacu prestasi dan unjuk penampilan (Performance) dengan selalu bekerja keras meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya," ujarnya.

Selain itu lanjutnya, kegiatan FLS2N SD Tingkat Kabupaten ini dikandung maksud sebagai wahana bagi siswa untuk berkreasi, berinovasi, berprestasi dan berkompetisi sehat dengan mengedepankan sportifitas yang tinggi.

Untuk itu, pihaknya mengajak kepada semua pihak untuk ikut mengembangkan potensi anak - anak, dengan cara memberikan support, pembinaan terhadap minat dan bakat serta kreativitas anak- anak ini sesuai dengan minat dan bakatnya.

"Semoga kegiatan FLS2N-SD ini dapat berjalan lancar dan menambah semangat berkreasi dan berinovasi untuk kita semua dan khususnya bagi anak-anak. Dan kita juga punya harapan yang lebih besar lagi yaitu melalui ajang FLS2N ini semoga bisa memunculkan anak - anak yang berprestasi sehingga bisa menjadi juara baik di tingkat kabupaten hingga tingkat nasional," tutupnya.

Sementara itu, Sripun, S.Sos, MM., selaku ketua Panitia pelaksana menyampaikan kegiatan FLS2N berlangsung selama 2 hari, yakni mulai tanggal 07 hingga 08 Mei 2024.

"Yang kita lombakan meliputi 5 kategori yakni, Pantomim, Tari, Nyanyi, Gambar bercerita dan Kriya. Yang mana tiap kecamatan mengikut sertakan satu orang anak, kecuali tari tiap kecamatan mengikutkan tiga anak, dan untuk pantomim masing - masing dua anak," pungkasnya.

Editor : Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini