Begini Upaya Disnakkeswan Tulungagung Dalam Pengendalian dan Pencegahan PMK

×

Begini Upaya Disnakkeswan Tulungagung Dalam Pengendalian dan Pencegahan PMK

Bagikan berita
Disnakkeswan Tulungagung mengadakan pertemuan KIE Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) di Balai Desa Pelem (Insert: Petugas Disnakkeswan saat melakukan vaksinasi hewan ternak)
Disnakkeswan Tulungagung mengadakan pertemuan KIE Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) di Balai Desa Pelem (Insert: Petugas Disnakkeswan saat melakukan vaksinasi hewan ternak)

KONGKRIT.COM - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Tulungagung, mengadakan pertemuan Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Penyakit Hewan Menular Strategis yang bertempat di Balai Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, Rabu (24/04/2023).

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tulungagung, Mulyanto, S.Pt, MM, melalui Kabid Kesehatan Hewan drh. Tutus Sumariyani, MM, mengatakan kegiatan tersebut adalah dalam rangka Pengendalian dan menanggulangi Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) di wilayah Tulungagung.

Menurutnya, dalam beberapa minggu terakhir ini di Desa Pelem memang banyak terdapat hewan yang terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan sudah ada puluhan hewan yang mengalami penyakit tersebut.

"Adanya PMK di Desa tersebut, kami dari Disnakkeswan Tulungagung sudah melakukan berbagai upaya salah satunya yakni dengan memberikan sosialisasi sejak wabah tersebut merebak," ucap Tutus.

"Bukan itu saja, selain melakukan penyuluhan, kami juga memberikan obat pada hewan yang terjangkit," imbuhnya.

Lebih lanjut Tutus mengungkapkan, ada beberapa strategi dalam pengendalian PMK yaitu, melalui kegiatan vaksinasi PMK tahap booster dan vaksinasi I untuk ternak-ternak baru terus dilaksanakan di seluruh wilayah di Kabupaten Tulungagung.

Kemudian, pelayanan kesehatan hewan di 7 (tujuh) wilayah kerja Puskeswan, dan komunikasi, informasi dan Edukasi tentang penyakit hewan menular.

"Kami juga terus melakukan pengawasan lalu lintas ternak dan desinfeksi di Pasar Hewan Terpadu Tulungagung, hal ini guna meningkatkan survailans di 7 (tujuh) wilayah kerja Puskeswan," ungkapnya.

Untuk itu pihaknya terus mengimbau kepada masyarakat, khususnya para peternak untuk mendukung dan berpartisipasi dalam pengendalian dan penanggulangan PMK.

Tutus menyebut, pengendalian dan penanggulangan PMK juga meliputi, pelaporan secara dini kepada Petugas di Puskeswan apabila mendapatkan ternak sakit dengan gejala PHMS (Penyakit Hewan Menular Strategis), mendukung dan menerima program-program pengendalian yang dilaksanakan oleh Tim dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tulungagung.

Editor : Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini